Friday 13 March 2009

Lahan Bekas Tambang



Kegiatan penambangan merupakan bisnis yang menggiurkan karena Indonesia memiliki
potensi besar. Jenis Kegiatan penambangan terbagia atas 3 jenis, yaitu Galian A, B, dan C.

Tambang galian A merupakan tambang strategis yang menguasai hajat hidup orang banyak seperti minyak, gas bumi, dan batubara. Tambang galian B merupakan tambang vital seperti emas dan bauksit. Sedangkan tambang galian C merupakan kegiatan selain di atas. Kegiatan tambang ini memerlukan biaya relatif rendah dibandingkan kedua sebelumnya. Kegiatan tersebut adalah batu, granit, marmer dan pasir.

Minggu ini kami survei lahan bekas tambang PT Semen Gresik di Babat Lamongan. Lahan tersebut terletak di Gunung Pegat, sekitar 2 km ke arah selatan dari pasar Babat. Pegunungan kapur tersebut merupakan jalur memanjang pegunungan dan yang terpotong untuk dibangun jalan antara Babat - Jombang. PT Semen Gresik mengeksploitasi bagian timur sedangkan sebelah barat oleh PT Wirabhumi. Keduanya merupakan BUMN. Akan tetapi PT Semen Gresik sudah tidak melakukan kegiatan eksploitasi sejak tahun 1997 dengan alasan tidak ekonomis. Karena lahan ini relatif jauh dengan pabrik pengolahan. Masyarakat setempat masih melakukan kegiatan penambangan secara manual dan mandiri. Dari sudut pandang PT SG selaku pemilik, kegiatan penambangan oleh masyarakat setempat dapat dikatakan ilegal.

2 comments:

Anonymous said...

An,aku sempat ke P.Bangka waktu ikut sayembara IAI, dari pesawat juga benyak terlihat bopeng2 tanah bekas orang menggali timah yg ditinggalkan begitu saja.Kondisi diperparah sejak PN.Timah dinyatakan tutup, sekarang masyarakat bak "kesetanan" menggali timah, karena disetiap jengkal halaman rumah,pasti ada timahnya...nah lo !!

bob

rolalisasi said...

Bener Bob.... setelah dari sini kita juga menuju tempat penambangan di Tuban. Disana lebih parah lagi karena sebuah bukit menjadi hampir rata.... ternyata kegiatan penambangan menyisakan kerusakan alam yang mengerikan juga walaupun tanpa adanya pencemaran zat kimia seperti penambangan tembaga atau emas...