Wednesday 7 April 2010

Lund University

Lund University terletak di Lund, yang merupakan kota abad pertengahan dengan sarana pendidikan di tengah kotanya. Lund University berdiri pada tahun 1666, dan sekarang menjadi pusat penelitian dan pendidikan internasional dengan jumlah 46.000 mahasiswa. Disamping itu juga termasuk dalam 100 universitas terkemuka di dunia berdasarkan Times Higher Education. Dengan catatan sejarah selama seribu tahun serta keunggulan potensi akademik Lund University maka telah menciptakan Lund sebagai lingkungan dan kewirausahan perkotaan yang dinamis.
Lund Uni menyediakan pendidikan dalam bahasa Inggris yang terdiri dari:
- 474 kursus
- 75 program s2
- 1 program s1
- PhD dan riset paskasarjana
Dan aku berada di sini kurang lebih sebulan untuk mengikuti International Training Prodram Shelter Design and Development pada musim semi 2006.


Gambar ini diambil di rumah Katerine, salah satu pengajar HDM, setelah makan malam. Suami Katherine, Thomas (kalau gak salah), tengah berkaos hitam, merupakan seorang arsitek. Mereka memiliki 3 anak puteri, 2 diantaranya mereupakan anak kembar. Kata mereka, memiliki banyak anak di Swedia merupakan sebuah investasi terbaik karena hidup dan pendidikan mereka sudah dijamin oleh pemerintah. Bandingkan dengan kita, yang pasti akan bingung dengan biaya hidup dan pendidikan anak2 kita.
Mereka membangun sendiri secara bertahap rumahnya. Bahan bangunan rumahnya terdiri dari dinding, atap dan lain-lain yang terfabrikasi. Sistem pondasi memakai sistem umpak. Terdapat sistem pemanas di bawah lantai, yang sangat diperlukan dalam menghadapi musim dingin. Disamping itu mereka memiliki ruang perpustakaan yang inspiratif.

Kantin di lantai 2 Gedung A HDM ... makanan dan minuman disini rata-rata harganya KR 16.

di gedung inilah kita,partisipan dari Asia, afrika, dan amerika latin mendapatkan ilmu tentang shelter design and development... A Huise...


in action...:)

Design Centrum Building... tempatku menimba ilmu...

Gedung apa ya ini? tapi yang pasti disini terdapat pengumuman pertunjukan seni. setelah ditelusuri lagi ternyata ini adalah gedung Academic Society Building. makane terdapat jadwal pertunjukan seni. Letaknya di depan University Building.

Interior University Library..

Kawasan kampus Lund Uni dapat dicapai dengan bus. Jalan-jalan di dalam kampus terkoneksi dengan jalan kota. Dimensi jalan kampus juga relatif sama dengan jalan kota. Seperti itulah kondisinya.

Gedung Fakultas Teknik, Lunds Tekniska Hogskola, dapat diakses di www.lth.se

Walaupun kondisi lalu lintas tidak padat, tetapi sarana dan prasarana lalu lintas tersedia lengkap. Di salah satu gerbang uni, terdapat pemisahan lalu lintas manusia dan kendaraan. Melihat desain arsitekturnya, gerbang ini mungkin sudah ada sejak awal Lund Uni berdiri.

Universitetshuset, University Building (bahasa Indonesia nya: Gedung Rektorat)

Sebagian besar gedung-gedung di Lund Uni merupakan bangunan lama sejak Uni ini berdiri.

Salah satu interior bangunan baru di Lund Uni, salah satunya adalah Gedung A, A Huise

3 comments:

Anonymous said...

waduuuhhh...lama ndak ngunjungin blogmu, jadi terheran2.. sungguh kampus yg sangat nyaman ya...ini yg kunjungan th.2006 itu ya? ckckckc...pasti pengalaman yg tak terlupakan sekaligus membanggakan ya An...:) kalo kata orang Sunda ..hebat euy..hehe

bob

Unknown said...

iya Bob.... makanya resolusiku ingin mengulangi lagi pengalaman seperti ini... jik golek dalane biar bisa ke sana lagi

Unknown said...

btw... posting ini belum ada tulisannya... nanti kalo sudah jadi tak publish ulang..